Pada GLUT (GL Utility
Toolkit), objek 3 dimensi terdiri atas 2 macam, yaitu berbentuk wire, dan
berbentuk solid. Pada penerapan objek 3 dimensi yang kita bahas disini akan
dikenalkan bagaimana penerapan objek berbentuk wire(kabel).
Fungsi wire merupakan implementasi objek 3 dimensi berupa kerangka benda yang berpusat pada asal pemodelan system koordinat(0,0,0).
Fungsi wire merupakan implementasi objek 3 dimensi berupa kerangka benda yang berpusat pada asal pemodelan system koordinat(0,0,0).
Berikut adalah daftar fungsi
– fungsi bangun kerangka 3 dimensi.
- Kubus (cube)
Pembuatan
kubus dapat dilakukan dengan menggunakan fungsi void glutWireCube(GLdouble size); parameter size akan
menentukan besar kubus yang akan dibuat.
- Bola (sphere)
Pembuatan
bola dapat dilakukan dengan menggunakan fungsi void glutWireSphere(GLdouble radius,GLint slices,
GLint stacks); parameter fungsi radius digunakan sebagai ukuran besar
kecilnya diameter bola. Parameter slices menentukan berapa banyak potongan dari
kutub ke kutub. Parameter stacks menentukan berapa banyak potongan yang tegak
lurus dengan slices. Sehingga semakin tinggi nilai slices dan stacks, maka
semakin halus objek yang terbentuk.
- Kerucut (tanpa alas) (cone)
Pembuatan
kerucut dapat dilakukan dengan menggunakan fungsi void glutWireCone(GLdouble base, GLdouble height,GLint
slices, GLint stacks);
Pada fungsi
ini, parameter base berfungsi sebagai besar kecilnya alas kerucut. Parameter
height bertindak sebagai tinggi kerucut. Sedangkan parameter slices dan stack
sama halnya dengan slices dan stacks pada pembuatan bola.
- Torus (donat)
Pembuatan
torus dapat dilakukan dengan menggunakan fungsi void glutWireTorus(GLdouble innerRadius, GLdouble
outerRadius, GLint nsides, GLint rings);
Parameter
innerRadius digunakan sebagai diameter dalam dari donat. Outer radius digunakan
sebagai parameter diameter terluar. Parameter nsides digunakan sebagai jumlah
potongan yang searah dengan arah donat. Dan parameter rings sebagai parameter
jumlah cincin yang ada melingkari donat.
- Dodecahedron
Pembuatan
dodecahedron dapat dilakukan dengan menggunakan fungsi void glutWireDodecahedron(void);
- Tetrahedron
Pembuatan
tetrahedron dapat dilakukan dengan menggunakan fungsi glutWiredTetrahedron void (void);
- Octahedron
Pembuatan
octahedron dapat dilakukan dengan menggunakan fungsi void glutWireOctahedron(void);
- Teapot
Pembuatan
teapot dapat dilakukan dengan menggunakan fungsi void glutWireTeapot(GLdouble size);
Parameter
size pada fungsi ini digunakan sebagai ukuran besar kecilnya teapot yang
dibentuk
Fungsi fungsi diatas adalah
fungsi dasar dalam pembentukan objek 3 dimensi dalam bentuk kerangka. Untuk
membentuk objek 3 dimensi yang utuh, dapat dilakukan dengan mengganti kata wire
dengan solid
0 komentar:
Posting Komentar